Selasa, 22 Maret 2011

Pak bantu saya untuk bisa melupakan mantan saya.......

Beberapa hari ini saya banyak menerima klien dari kalangan mahasiswi. Masalahnya hampir sama semua yaitu sulit melupakan mantan pacarnya. Klien meminta bantuan saya untuk bisa melupakan mantan pacarnya.



Para pembaca yang budiman melalu artikel ini saya mau sharing kan sesuatu informasi yang berkaitan dengan kasus di atas. Menurut  Adi.W Gunawan dalam buku nya " Quantum Life Transformation", apa pun yang kita alami dalam hidup disimpan di memori di pikiran bawah sadar. Dan memori mempunyai komponen sebagai berikut:
  1. Waktu ( kapan terjadi, berapa lama )
  2. Tempat ( dimana terjadi )
  3. Siapa yang terlibat
  4. Gambar ( visual )
  5. Suara ( auditori )
  6. Bau ( olfaktori )
  7. Rasa ( Gustatori )
  8. Sensasi fisik ( Kinesnetik )
  9. EMOSI
Komponen 1-8 bersifat netral, tidak mengganggu. Yang membuat masalah adalah emosi, terutama emosi negatif. Emosi, baik yang positif mau pun yang negatif, muncul sebagai hasil dari pemaknaan yang kita berikan pada suatu kejadian. Emosi inilah sang provokator yang mempengaruhi cara kita berpikir, bertindak, dan berperilaku.

Nah, pembaca yang budiman dari teori di atas bisa kita simpulkan bahwa kita tidak bisa melupakan sesuatu memory yang sudah tersimpan di alam bawah sadar kita, tapi kita hanya bisa menetralisir emosi yang muncul pada saat memori itu muncul dalam pikiran anda.

Khusus nya untuk kasus "susah melupakan mantan pacar", saya selalu mengatakan kepada klien saya bahwa anda tidak akan bisa melupakan mantan anda, yang bisa adalah menetralisir perasaan atau emosi anda pada saat anda mengingat atau bahkan bertemu dengan mantan pacar anda. Sehingga pada saat itu terjadi, ya perasaan anda biasa-biasa saja Like a friend.

Sama hal nya jika anda pernah mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan dari seseorang apakah itu keluarga,teman, tetangga atau siapa pun sehingga timbul kebencian terhadap orang tersebut. Emosi negatif berupa kebencian itu bisa di netralkan sehingga pada saat anda mengingat orang/peristiwa tersebut perasaan anda menjadi biasa-biasa saja. Tidak ada perasaan tidak enak yang mengganggu anda.

Nah sekarang pertanyaan nya, bagaimana cara nya menetralisir emosi tersebut?

Ada banyak teknik terapi yang bisa digunakan. Tapi dalam beberapa kasus di klinik saya, saya menggunakan teknik NLP ( Neuro Linguistik Programe ) yakni dengan cara menurunkan intensitas emosi negatif pada klien dengan merubah sub-modalitas berupa gambar dan suara. Cara yang lain adalah dengan teknik Forgivenes terapy. Di teknik ini klien saya bimbing untuk memaafkan orang yang membuat nya sakit hati, berdamai dengan Tuhan dan memaafkan diri sendiri. Dengan demikian emosi negatif tersebut menjadi netral krn klien sudah bisa memaafkan apa yang terjadi.

Salam "Freedom of Mind"

0 komentar:

  © Blogger template 'Gorgeous View' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP